Jatimhits(JOMBANG) – Pemandangan tak biasa terlihat di Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Jombang, Selasa (04/09/2024). Semua karyawan memakai seragam alias dresscode layaknya pekerja proyek, seperti rompi dan helm safety di dalam kantor untuk melayani para nasabahnya sejak pagi.
Menurut Branch Manager BRI Jombang, Effendi Sudarso, hal itu dilakukan untuk merayakan hari pelanggan nasional.
“Kami sedang menyambut atau memperingati hari pelanggan nasional yang ditetapkan pada tanggal 4 September,” ujar Effendi.
Tak hanya sekedar berpakaian ala pekerja proyek, namun kejutan lain juga diberikan oleh BRI, karena sejumlah pimpinan cabang Jombang dan Regional Office BRI Surabaya memberikan hadiah kepada para pelanggan yang sedang mengantre layanan perbankan.

Para nasabah ini diberi hadiah cokelat, bunga, dan juga beberapa makanan ringan untuk dinikmati sambil menunggu antrean.
“Ini merupakan bentuk apresiasi kecil kami kepada para nasabah yang selama ini telah memberikan kepercayaan kepada kami,” tandas Effendi.
Tak hanya memberikan hadiah, para pimpinan ini pun menyapa dan berbincang dengan sejumlah nasabah untuk mendapatkan masukan atas layanan perbankan yang diberikan. Kritik dan saran nasabah akan menjadi salah satu sumber utama peningkatan layanan.
Tentu saja suasana tak biasa ini membuat para nasabah yang sengaja datang lebih awal ke kantor yang berada di Jalan KH Wahid Hasyim, Jombang ini pun kaget dan terheran-heran.
“Saya kira sedang ada pembenahan gedung, kok, banyak yang pakai seragam proyek,” kata Sumardi, nasabah BRI Jombang.
“Wah, kalau tiap hari dapat hadiah begini, bisa makin kerasan di dalam bank.” Canda Sumardi, pensiunan ASN yang disambut tawa nasabah lainnya.
Hari pelanggan nasional yang diperingati sejak tahun 2003 lalu, menjadi momentum bagi perusahaan maupun BUMN untuk meningkatkan pelayanannya kepada para pelanggannya. Penetapan hari pelanggan nasional ini sejalan dengan UU 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen. Agar perusahaan atau penyedia jasa memperhatikan keamanan dan kenyamanan, dan hak-hak konsumen saat melakukan transaksi.
Kegiatan hari pelanggan nasional itu kemudian ditutup dengan memberikan hadiah kepada 10 orang nasabah yang mengunggah status tentang hari pelanggan nasional yang sedang diperingati oleh BRI Jombang.(owo)