Jatimhits.id (Surabaya) – Mengantisipasi lonjakan pemakaian jaringan telekomunikasi digital di beberapa titik Jawa Timur selama libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru), Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) akan meningkatkan Kapasitas Jaringan Indosat di 77 tempat menarik.
Hal ini disampaikan SVP-Head of Corporate Communications Indosat Ooredoo Hutchison, Steve Saerang bahwa peningkatan kapasitas di 77 titiik ini merupakan wujud komitmen Indosat untuk memberikan kenyamanan dan kebahagiaan layanan kepada para pelanggan.
Dan peningkatan kapasitas di sejumlah POI tersebut merupakan titik-titik yang diperkirakan akan mengalami peningkatan aktivitas masyarakat di masa libur perayaan Nataru.
“Seperti bandara, terminal bus, stasiun kereta api, jalan tol, destinasi wisata, pusat hiburan, hingga sarana beribadah,” kata Steve melalui siaran pers IOH, Senin (25/12/2023)
Indosat yang sudah berkomitmen memberikan layanan digital kelas dunia bagi para pelanggannya maka akan terus fokus untuk melakukan peningkatan jaringan selama momen libur Natal dan Tahun Baru sehingga para pelanggan bisa berlibur dengan bahagia dan nyaman.
Lebih lanjut secara khusus Steve menjelaskan bahwa penguatan jaringan dilakukan dengan penambahan kapasitas pada 580 BTS yang ada dan menyiagakan penggunaan 4 unit stasiun transmisi berbasis seluler (MBTS) di wilayah ijen Banyuwangi, Trawas, Wonosalam, serta Magetan.
“Hal ini dilakukan sebagai bentuk komitmen Indosat untuk memastikan pelanggan tetap terhubung secara nyaman selama libur Natal dan Tahun Baru,” ujar Steve
Selain itu, Steve juga mengatakan bahwa nantinya di beberapa wilayah Jawa Timur lain juga akan mengalami peningkatan lalu lintas.
“Terutama terjadi di daerah Lamongan, Mojokerto, Jombang, dengan prediksi pergerakan trafik sekitar 20%,” kata Steve
Lebih lanjut Steve menambahkan bahwa selain penguatan jaringan, Indosat juga akan mengaktifkan Command Center selama 24 jam yang terletak di Surabaya, didukung oleh Network Operation Center berbasis AI/ML (Artificial Intelligence/Machine Learning) dan otomasi.
Dimana teknologi ini digunakan untuk memastikan ketersediaan dan kualitas jaringan secara berkala di masa liburan Nataru. Beberapa dashboard khusus juga digunakan seperti Operational Dashboard, Performance Dashboard, NetDrone, dan Subscriber Movement Dashboard,”
Hal senada juga disampaikan Vikram Sinha, Presiden Direktur dan Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison juga mengatakan bahwa Indosat sebagai perusahaan telekomunikasi digital terkemuka di Indonesia akan terus mewujudkan komitmen sebagai penyedia konektivitas terbaik agar masyarakat di seluruh Indonesia dapat melewati momen libur Natal dan Tahun Baru bersama keluarga dan orang terkasihnya dengan nyaman.
Bahkan untuk menjaga konektivitas selama periode Natal dan Tahun Baru, Indosat telah mengoptimalkan jaringan di 434 lokasi prioritas dan meningkatkan kapasitas jaringan di 527 titik.
“Dengan penambahan ini, Indosat kini menyediakan kapasitas sekitar 33% lebih besar dari rata-rata trafik data harian. Peningkatan kapasitas ini langkah menjadi antisipatif membayangkan perkiraan pemutaran data lalu lintas sekitar 11,5% dibandingkan rata-rata harian,” jelas Vikram,
Lebih lanjut Vikram menjelaskan bahwa peningkatan ini diperkirakan dipicu oleh peningkatan penggunaan aplikasi seperti WhatsApp, Facebook, dan YouTube, serta game online seperti Mobile Legends, Roblox, dan PUBG.
Bahkan Indosat juga sudah melakukan uji coba jaringan di wilayah yang diprediksi akan menjadi jalur perjalanan populer masyarakat selama liburan Natal dan Tahun Baru, seperti Trans Jawa, Trans Sumatera, Cikampek, Samarinda, dan Balikpapan.
Berdasarkan hasil uji coba di beberapa wilayah itu indosat memastikan bahwa dari segi kecepatan jaringan Indosat sudah optimal.
Selain itu, Vikram menambabkan bahwa masih kota-kota lain di Indonesia yang menjadi tujuan liburan Natal dan Tahun Baru, seperti Bogor, Tegal, Kuningan, Lamongan, Nusa Tenggara Barat, Binjai, Banjarbaru, dan Gorontalo, yang diprediksi juga akan mengalami pemunculan trafik data Tertinggi di Indonesia.
Selain memastikan kualitas layanan dan jaringan terbaik untuk menghadirkan kehangatan dan kebahagiaan bagi seluruh masyarakat di Indonesia. Kehangatan dan kebahagiaan ini juga ikut dirasakan lebih dari 5600 anak yatim di seluruh Indonesia.
Dimana kegiatan penuh kasih tahun ini merupakan bagian program Corporate Social Responsibility (CSR) Indosat di pilar Filantropi.
“Dengan mengusung tema ‘Indosat Berbagi Kebaikan’ menjadi penutup rangkaian bulan berbagi Indosat sepanjang Desember 2023,” ujar Steve.
Selain meningkatkan konektivitas jaringan selama Libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, Indosat melalui brand IM3, Tri, dan Indosat HiFi juga memberikan penawaran menarik yang dapat dinikmati khusus pada periode Natal dan Tahun Baru. Dimana para pelanggan dapat mengakses www.im3.id/tahunbaru, www.bima.tri.co.id, dan www.hifi.ioh.co.id.
Tak hanya itu, pelanggan juga dapat mengunjungi gerai IM3, 3Store, serta menghubungi layanan pelanggan melalui saluran resmi WhatsApp untuk IM3 (08551000185) dan Tri (08999800123), aplikasi myIM3 dan bima+, Twitter @IndosatCare dan @3CareIndonesia, serta email cs @im3. id dan 3Care@three.co.id (Deasy)